Cheat Final Fantasy X Bahasa Indonesia


Mendapatkan Gil dengan mudah
Pergilah ke Omega Ruins, melalui world sphere di pesawat. Lokasi ini dapat terbuka dengan memilih koordinat tertentu (Koordinat X 69-75, Y 33-38). Di tempat ini akan ada banyak musuh kuat, ada salah satu musuh yang cukup sulit untuk dikalahkan bernama Mimic. Mimic akan memberikan 50.000 gil jika berhasil mengalahkannya.

Ada dua jenis Mimic, Mimic yang kuat terhadap serangan fisik, dan Mimic yang kuat terhadap magic. Jika kuat terhadap magic gunakan serangan fisik seperti pedang dan lainnya, jika kuat terhadap fisik maka gunakan magic. Jangan lupa untuk menggunakan senjata atau armour dengan kemampuan Gillonaire untuk mendapatkan gil dua kali lipat. Nanti kamu akan bisa mendapatkan 100.000 gil setiap membunuhnya.

Mendapatkan Potion dengan mudah
Saat pertama memulai permainan, kamu akan segera naik kapal Al Bhed. Bicaralah dengan Al Bhed di dekat save sphere maka dia akan memberikanmu 3 potion. Setelah sampai tujuan, kembali ke kapal dan berbicara dengan Al Bhed untuk kedua kalinya, ia akan memberikanmu 3 potion tambahan. Kamu bisa melakukan cara ini berulang kali sampai mendapatkan 99 potion. Ini sangat membantu sejak awal karena kamu tidak perlu khawatir kehabisan potion.

Mendapatkan senjata dan armor dengan 4 slot kosong
Senjata dan armor dengan 4 slot kosong sangatlah langka, bahkan kamu hanya bisa menemukan satu kali di permainan. Senjata jenis ini sangat berguna karena bisa kamu modifikasi dengan memberinya kemampuan sesuai seleramu. Namun tahukah kamu sebenarnya ada penjual bernama Oaka yang menjualnya dengan harga 100.000 gil.

Penjual ini berada di Macalania Woods dan akan muncul setelah kamu berhasil mendapatkan kendali atas pesawat dimana kamu bisa mengunjungi tempat sebelumnya. Namun untuk bisa menemukan orang ini di Macalania Woods, sebelumnya kamu harus berbicara dengannya setiap kali bertemu selama perjalanan.

Terutama saat di Mt.Gagazet akan ada penjual yang merupakan saudara Oaka di pinggir kanan. Jika kamu tidak mengajak bicara orang ini, maka kamu tidak bisa menjumpai Oaka di Macalania Woods yang menjual senjata dan armor dengan 4 slot kosong itu.

Dapatkan Yojimbo dengan harga lebih murah
Untuk mendapatkan Yojimbo dengan harga serendah mungkin, lakukan hal berikut. Ketika dia bertanya mengapa kamu ingin dia bergabung kedalam party, pilih opsi ke-3 "To defeat the most powerful of enemies" (Untuk mengalahkan musuh yang paling kuat). Permintaan awalnya 250.000. Tawarkan dia 125.001. Dia akan membalas dengan 225.000. Tawarkan dia 112.501. Dia akan membalas dengan 202.500. Tawarkan dia 141.751. Dia akan memberikan tawaran terakhirnya sebesar 190.350. Kamu sekarang dapat memperolehnya di 190.350 atau menawarkan 571.050 untuk mendapatkannya dan 2 Teleport Sphere.

Scene rahasia di pesawat
Setelah kamu mendapatkan pesawat kembali ke Guadosalam. Ikuti Tromell hingga pesawat. Bicara dengan Lulu untuk melihat adegan rahasia.

Koordinat lokasi tersembunyi
Ada beberapa lokasi tersembunyi di peta yang bisa kamu temukan dengan memilih koordinat tertentu saat berada di pesawat. Pilih menu "Search" dan arahkan penunjuk ke koordinat berikut dan tekan X untuk membuka tempat baru.
Lokasi Koordinat X Koordinat Y
Baaj Temple 11-16 57-63
Sanubia Desert 12-16 41-45
Besaid Falls 29-32 73-76
Mi'ihen Ruins 33-36 55-60
Battle Site 39-43 55-60
Omega Ruins 69-75 33-38

Password Pesawat
Selain menggunakan koordinat terdapat juga beberapa lokasi tersembunyi yang bisa kamu temukan dengan memasukkan password pada menu "Input" yang ada di pesawat. Berikut passwordnya:
Password Nomor 1: GODHAND
Password Nomor 2: VICTORIOUS
Password Nomor 3: MURASAME

Baca selengkapnya: Password Pesawat dan Koordinat Final Fantasy X

Mengendalikan Chocobo lebih mudah
Tekan terus L1 + L2 + R1 + R2 dan Chocobo akan lebih mudah dikendalikan.

Senjata Celestial
Setiap karakter memiliki senjata andalan "Celestial". Setiap senjata celestial hanya bisa didapatkan setelah memiliki 2 key item yang disebut Crest dan Sigil. Dan kamu membutuhkan yang namanya Celestial Mirror.

Baca selengkapnya: Cara Mendapatkan Senjata Celestial Final Fantasy X

Overdrive
Overdrive adalah kemampuan khusus yang unik yang memiliki serangan kuat yang dimiliki setiap anggota party. Karena setiap karakter memiliki Overdrive berbeda, maka cara menggunakannya pun berbeda.

Tidus: Diawal sudah mempunyai Overdrive yaitu Spiral Cut. Terus gunakan overdrive sebanyak mungkin. Setelah menggunakan overdrive sekian kali Tidus akan mendapatkan overdrive baru. Ia memiliki total empat Overdrive: Spiral Cut, Slice & Dice, Energy Rain, dan Blitz Ace.

Yuna: Overdrive Yuna adalah Aeon yang dimilikinya.

Auron: Auron memiliki total empat Overdrive. Satu tersedia di awal, sedangkan tiga sisanya harus dipelajari dengan mengumpulkan Jecht Sphere (ada total sepuluh Jecht Sphere yang tersebar diseluruh dunia).

Wakka: Wakka dapat memperoleh Overdrive baru dengan memenangkannya sebagai hadiah di turnamen Blitzball. Dia memiliki total empat Overdrive.

Kimahri: Kimahri memungkinkan dirinya mempelajari Overdrive baru dengan menggunakan kemampuan Lancet yang dimilikinya terhadap musuh. Jika musuh memiliki skill Blue Magic, Kimahri akan mendapatkan Overdrive baru. Total ada dua belas Overdrive yang bisa dipelajari Kimahri. Jika Kimahri mempelajari Overdrive baru menggunakan Lancet, meter Overdrivenya secara otomatis terisi penuh.

Lulu: Overdrive Lulu adalah Fury yang dimilikinya. Semakin banyak Fury yang dimiliki semakin banyak jenis Overdrive yang bisa digunakan. Putar analog kanan searah jarum jam secepat mungkin untuk mengaktifkan overdrive. Semakin banyak putaran yang dilakukan maka semakin banyak jumlah overdrive yang dikeluarkan.

Rikku: Kombinasikan dua item untuk membuat item baru yang akan digunakan sebagai bagian dari Overdrive. Item tersebut dapat menyembuhkan, menyebabkan kerusakan atau mengubah status.

Baca selengkapnya: Cara Mendapatkan Overdrive Final Fantasy X

Cara menghindari 200 petir dengan mudah

Pergilah ke Thunder Plains. Di sana adalah tempat dimana petir selalu menyambar setiap saat. Jika kamu berhasil menghindari petir dalam jumlah tertentu maka akan mendapatkan hadiah. Dan jika kamu berhasil menghindari 200 petir akan mendapatkan Venus Sigil. Biasanya, ini benar-benar akan menguji kesabaran dan waktu reaksi seseorang, harus duduk dan menunggu 200 sambaran petir sementara entah bagaimana berhasil untuk tidak pernah mengacaukannya sekali.

Untungnya, ada beberapa area di mana petir akan menyambar secara konsisten. Di bagian selatan dekat dengan menara penangkal petir yang disebelahnya tidak jauh terdapat kawah kecil. Jika kamu berjalan diantara penangkal petir dan kawah tersebut (bolak-balik dari menara ke kawah, dari kawah ke menara) petir akan secara konsisten menyambar ke area bagian kawah tersebut.

Baca selengkapnya: Cara Menghindari 200 Petir Final Fantasy X

Item yang didapat dari menghindari petir
Berhasil Menghindar Item yang didapat
5 2 X-Potion
10 2 Mega-Potion
20 2 MP Sphere
50 3 Strength Sphere
100 3 HP Sphere
150 4 Megalixir
200 Venus Sigil

Memenangkan pertandingan Blitzball dengan mudah
Saat kamu bermain Blitzball, dan menang (atau saat skormu lebih tinggi dari tim lain) berenanglah dibelakang penjaga gawangmu. Tetap di sana dan yang lain yang ada di lapangan akan pergi ke sisi lain dan berenang melingkar. Terkadang, anggota tim lawan akan mengikutimu. Lakukan sesuatu kepadanya (menerobosnya adalah cara yang mudah) dan dia akan meninggalkanmu sendirian. Tetap di sana selama sisa pertandingan dan kamu akan menang.

Mendapatkan exp Blitzball dengan mudah
Selama pertandingan Blitzball pergi ke pojok sebelah kanan di arena agar tim lawan meninggalkanmu sendirian. Saat disitu, beri umpan (pass) ke pemain terdekat dan lakukan umpan lagi satu sama lain. Setiap umpan akan memberimu 1 exp yang dapat memberikan lebih banyak exp selama sisa pertandingan.

Lokasi Jecht Sphere
1.didapatkan otomatis setelah mengalahkan Spherimorph di Macalania Woods.
2.Besaid Village, sebelah kanan kuil.
3.S.S. Liki (kapal yang berada di Besaid yang menuju Kilika), ada didekat tempat juru mudi kapal mengemudi.
4.Luca Stadium, berada di Basemant A.
5.Mi'ihen Highroad, berada dijalan tua (Old Road) dekat peti harta karun.
6.Mushroom Rock Road, tempat kamu berbicara dengan Luzzu untuk terakhir kalinya.
7.Selatan Moonflow.
8.Thunder Plains, dimana dua orang pernah memberitahumu untuk bertemu Seymour.
9.Selatan Macalania Woods.
10.Mt.Gagazet.

Lihat selengkapnya: Semua Lokasi Jecht Sphere Final Fantasy X

Semua Lokasi Al Bhed Primer
1.Salvage Ship
2.Besaid Village. Crusaders Lodge
3.S.S. Liki Power
4.Kilika Port. Tavern
5.S.S. Winno. Bridge
6.Luca Stadium. Basement B
7.Luca Theater. Reception
8.Highroad Travel Agency
9.Mi'ihen Highroad. Newroad, utara
10.Mushroom Rock Road
11.Djose Highroad
12.Moonflow. Wharf, utara
13.Guadosalam. House
14.Thunder Plains. Agency (Katakan pada Rin bahwa baik-baik saja)
15.Macalania Woods. Lake Road
16.Lake Macalania. Agency Front
17.Sanubia Desert. Central
18.Sanubia Desert. Central Exit
19.Al Bhed Home. Outside Home Entrance
20.Al Bhed Home. Living Quarters
21.Al Bhed Home. Main Corridor
22.Bevelle Temple (harus didapatkan segera setelah pernikahan)
23.The Calm Lands. Central
24.Remiem Temple (menggunakan Chocobo)
25.Cavern of the Stolen Fayth
26.Omega Ruins

Lihat Selengkapnya: Semua Lokasi Al Bhed Primer Final Fantasy X

Lokasi Cactuar Sphere
Cactuar Sphere adalah monster berbentuk kaktus yang berada disekitaran area Sanubia Desert. Setelah kamu memeriksa Cactuar Stones yang terletak disuatu tempat di Barat Sanubia Desert. Kamu akan disuruh untuk menangkap 10 Cactuar Sphere dalam quest "Village of the Cactuars". Berhasil menemukan 10 Cactuar Sphere akan menghentikan badai pasir menuju desa.

1.Bikanel Island (Oasis)
2.Timur Sanubia Desert (dekat peti harta karun)
3.Barat Sanubia Desert (cari dan baca tanda yang bertuliskan ".... Danger! Strong fiend... 20% Off All Travel Agency Goods!...")
4&5.Central Sanubia Desert (ada dua cactuar sphere sedang berlarian di sana)
6.Timur Sanubia Desert (di dalam diantara reruntuhan dan tenda yang ada save sphere)
7.Central Sanubia Desert (terjebak di dalam peti harta karun)
8.Barat Sanubia Desert (terjebak dalam pusaran pasir)
9.Bikanel Island (Oasis) kemudian melarikan diri ke pesawat (berada di luar Dek di atas pesawat)
10.Setelah meletakkan Cactuar Sphere kesembilan di Cactuar Stones, Cactuar Sphere terakhir otomatis akan muncul dibelakangmu

Lihat selengkapnya: Semua Lokasi Cactuar Sphere Final Fantasy X

Mendapatkan Overdrive kedua Valefor Energy Blast
Valefor memiliki overdrive kedua yang bisa didapatkan setelah Yuna bergabung ke dalam party. Kembali ke Besaid dan bicara ke gadis kecil dengan anjing yang duduk disampingnya di dekat kuil, dan kamu akan mendapatkan item yang membuka overdrive Valefor Enegy Blast. Jika gadis tersebut tidak muncul di dekat kuil, carilah di toko item.

Selain itu, jika kamu tetap tidak berhasil menemukan gadis kecil itu, bicaralah ke penjaga toko item. Pilih "Leave" dan dia akan mengatakan bahwa anjingnya menggali sesuatu yang aneh. Carilah anjing itu (anjingnya mungkin berada disekitar kuil, di dalam toko item atau digubuk terakhir di sebelah kanan dari jalan masuk ke desa) bicara pada anjing. Kamu akan mendapatkan item untuk membuka overdrive Valefor Energy Blast.

Semua lokasi Dark Aeon
Dark Aeon adalah aeon jahat yang juga merupakan tugas pemain untuk mengalahkannya. Ini merupakan Quest Superbosses yang didapat setelah Yuna dan lainnya melarikan diri dari kota Bevelle. Total ada 8 dark aeon. Berikut ini adalah lokasi dari masing-masing dark aeon.

Baca selengkapnya: Semua Lokasi Dark Aeon Final Fantasy X

Mengalahkan Defender X dengan mudah
Gunakan Provoke (provokasi) padanya. Selama kamu tidak mengganti karakter yang menggunakan Provoke, Defender X hanya akan menyerang karakter tersebut hanya dengan menggunakan Blast Punch (ini tidak mungkin akan membunuhmu) sehingga tak mungkin kalah.

Mengalahkan Evrae Atlana dengan mudah
Ketika kamu melawan Evrae Atlana di bawah air di Bevelle, cukup gunakan beberapa Phoenix Downs padanya dan itu akan mengalahkannya dengan cepat. Jika kamu tidak memiliki Phoenix Downs, X-Potion dan Elixers juga akan bekerja melawannya.

Mengalahkan Boss Seymour Flux dengan mudah
Seymour Flux merupakan boss yang muncul di Mt Gagazet. Boss ini merupakan transformasi dari Seymour dan tergolong sangat kuat. Serangannya yang mematikan dapat membunuh seluruh anggota party dalam sekejap. Namun ada trik untuk bisa mengalahkannya dengan mudah, yaitu dengan mengisi penuh semua overdrive aeon milik Yuna.

Untuk mengisi penuh overdrive aeon caranya mudah, cukup panggil aeon saat melawan musuh biasa di Mt Gagazet lalu gunakan kemampuan boost dan biarkan musuh menyerang aeon sampai overdrive penuh. Pastikan juga overdrive Yuna penuh.

Setelah dirasa siap, isi darah di save sphere lalu panggil semua aeon dan langsung gunakan overdrive. Setelah menggunakan overdrive Aeon akan segera mati, setelah itu panggil aeon lain dan gunakan overdrivenya lagi. Dengan cara ini, darah Boss akan berkurang banyak dan mudah untuk dikalahkan. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengalahkan boss lain dengan mudah.

Komentar