Review/Ulasan Avatar: The Last Airbender Bahasa Indonesia


Platform: PlayStation 2
Genre: Action, Role-Playing Game (RPG)
Developer: THQ Studio Australia
Publisher: THQ
Rilis: 10 Oktober 2006

Avatar: The Last Airbender adalah video game yang diadaptasi dari serial televisi animasi dengan nama yang sama (dikenal sebagai Avatar: The Legend of Aang). Ini dirilis untuk PlayStation 2, Game Boy Advance, Microsoft Windows, Nintendo, Nintendo DS, GameCube, PlayStation Portable, Wii, dan Xbox. Permainan kemudian diikuti oleh sekuel yang rilis pada tahun 2007 dengan nama Avatar: The Last Airbender - The Burning Earth.

Plot



Aang adalah protagonis dalam permainan yang berusia 112 tahun yang suka bersenang-senang, ia ditemukan membeku di gunung es selama seratus tahun. Dia adalah penjelmaan Avatar saat ini. Menghilangnya Avatar selama seratus tahun membuat dunia kacau yang mana disebabkan oleh Suku Api yang ingin berkuasa di atas empat negara. Sebagai Avatar Aang harus menguasai keempat elemen untuk membawa perdamaian ke dunia dan mengembalikan keseimbangan antara keempat negara. Yang membantunya adalah Katara yang berusia 14 tahun, satu-satunya Pengendali Air yang tersisa dari suku Air Selatan, dan saudara lelakinya Sokka, seorang pejuang suku Air Selatan yang berusia 15 tahun. Haru adalah Pengendali Bumi/Tanah yang masih sangat muda akan tetapi begitu sangat terampil yang membuat Aang memilihnya sebagai guru Pengendali Bumi untuknya. Bersama dengan teman-temannya Aang memulai perjalanannya untuk menghadapi takdirnya sebagai Avatar.

Gameplay


Avatar: The Last Airbender adalah permainan RPG dengan tema Open World/Dunia Terbuka dimana pemain bisa mengendalikan satu dari empat karakter (Aang, Katara, Sokka, atau Haru) dalam petualangan single-player yang bertujuan untuk menghentikan kekacauan dunia yang disebabkan oleh Negara Api. Setiap karakter dilengkapi dengan masing-masing senjata khas yang dimiliki dan gaya bertarung yang berbeda, dan mampu mendapatkan kemampuan baru setelah melalui suatu kondisi. Musuh termasuk Pengendali Api, mesin, dan berbagai binatang. Permainan juga memungkinkan untuk mengumpulkan sumber daya untuk membuat atau melakukan sesuatu dan masih banyak lagi.

Karakter

Karakter utama yang dapat dimainkan dalam permainan Avatar: The Last Airbender adalah Aang, Katara, Sokka, dan Haru. Masih banyak karakter yang akan muncul nantinya seperti Zuko, Raja Bumi, dll.

Grafis

Grafis Avatar: The Last Airbender mengambil tema 3D dimana memungkinkan pemain dapat mengambil sudut dari segala arah. Untuk desain karakter dan bagaimana itu bergerak terutama pada saat pertarungan sudah sangat baik meskipun masih sedikit terlihat kaku. Tapi itu tidak mengurangi tentang betapi bagusnya grafis pada permainan ini.

Suara

Pengisi suara karakter utama diisi oleh pengisi suara yang sama dalam serial televisi dan untuk karakter lainnya meski tidak diisi dengan pengisi suara yang sama dalam serial televisi tapi semua baik-baik saja. Terlebih lagi dialog tidak buruk sama sekali dan efek suara benar-benar mirip seperti aslinya. Semuanya ditangani dengan baik.

Komentar