Review/Ulasan Game Final Fantasy X


Detail:

Platform: PlayStation 2
Genre: Role-Playing Game (RPG), Conditional Turn-Based
Developer: SquareSoft
Publisher: Square EA
Rilis: 17 Desember 2001

Tentang cerita


Tidus adalah pemain Blitzball berusia 17 tahun yang sangat populer dari Zanarkand. Tidus sangat ceria dan percaya diri. Meski begitu dia sangat membenci ayahnya, yang meninggalkannya sepuluh tahun yang lalu. Suatu hari, ketika Tidus sedang memainkan pertandingan penting Blitzball, makhluk yang sangat besar dan misterius tiba di Zanarkand, memusnahkan semua yang ada di hadapannya.

Beruntung untuk selamat dari serangan itu, bersama dengan Auron, seseorang yang mengawasinya, secara misterius mereka dibawa seribu tahun ke masa depan, dan ke tanah Spira. Ketika mencoba untuk menemukan jalan pulang, dia bertemu dengan banyak orang, semuanya dengan kisah masing-masing. Membentuk party dengan tujuan mereka ke Zanarkand, sebuah perjalanan di mana Tidus harus belajar tentang ajaran Spira, kebenaran tentang ayahnya dan bahkan lebih banyak tentang dirinya sendiri.

Tentang karakter



Diurutkan berdasarkan gambar dari kiri ke kanan:

Kimahri Ronso: dia berasal dari suku Ronso, dan merupakan salah satu penjaga Yuna, yang sangat setia terhadapnya. Dia tidak percaya pada orang lain awalnya, dan jarang berbicara. Dia tidak menyukai orang lain yang mencoba menyelesaikan masalahnya. Kimahri menggunakan tombak dalam pertempuran. Overdrive miliknya adalah Ronso Rage.

Rikku: seorang gadis muda dari Al Bhed. Kepribadiannya ceria dan positif, dan dia tidak takut untuk mengungkapkan pikirannya. Dia bekerja keras untuk mengembalikan orang-orangnya yang terbuang ke kejayaannya. Rikku adalah seorang mekanik, dan dapat mencuri item dar musuh juga. Kakaknya menikah dengan Braska. Menjadikan dirinya dengan Yuna bersaudara terlintas seperti ibu untuk Yuna. Rikku adalah teman pertama Tidus di Spira. Dirinya lah yang meyakinkan Yuna untuk bergabung dengan Rikku untuk menyelamatkan Spira bersama-sama. Rikku menggunakan alat ditangannya (yang seperti cakaran) dalam pertempuran. Overdrive miliknya adalah Mix.

Yuna: seorang summoner sama seperti ayahnya, Braska, dan memulai perjalanan untuk mengalahkan Sin, makhluk mengerikan yang meneror Spira. Dia bertemu Tidus yang mengajarinya tentang ada banyak hal yang dapat dilakukan daripada pengorbanan. Yuna adalah satu-satunya karakter dalam party yang dapat memanggil Aeon ke dalam pertempuran. Overdrive miliknya adalah Aeon yang dimilikinya.

Auron: mantan biksu prajurit Yevon, penjaga yang menemani perjalanan Braska, dan seseorang yang mengawasi Tidus. Auron mengawasi Tidus dengan menyembunyikan masa lalunya. Setelah Auron membawa Tidus ke Spira, diketahui kalau Auron merupakan salah satu yang paling dihormati karena melayani Braska dalam perjalanannya. Pengalamannya menjadikannya seperti mentor di dalam party nya saat ini bersama dengan Auron dan lainnya. Auron menggunakan katana dalam pertempuran. Overdrive miliknya adalah Bushido.

Tidus: protagonis utama FFX. Dia adalah seorang bintang olahraga Blitzball, yang juga merupakan putra bintang blitzball utama Jecht. Setelah monster raksasa yang disebut sebagai 'Sin' menyerang kota kelahirannya, Tidus menempati dirinya di Spira seribu tahun di masa depan. Mencoba menemukan cara untuk kembali. Dalam perjalanannya itu dia bertemu dengan banyak orang dengan kisah masing-masing. Tidus memegang pedang dan perisai dalam pertempuran. Overdrive miliknya adalah Swordplay.

Lulu: salah satu penjaga Yuna. Tumbuh di Besaid bersama Yuna, dia dan Wakka sudah menganggapnya sebagai adik mereka. Lulu adalah pacar saudara laki-laki Wakka, Chappu, yang sampai saat ini masih bersedih atas kematiannya. Karena itu ia memiliki sifat yang membuatnya tampak tidak peka, tetapi sebenarnya dia adalah orang yang baik. Dia berperan penting dalam mendukung Tidus untuk menyesuaikan diri dengan dunia Spira, meskipun awalnya ia tidak percaya Tidus berasal dari Zanarkand. Lulu menggunakan sihir hitam dalam pertempuran. Overdrive miliknya adalah Fury.

Wakka: pemain Blitzball dan salah satu penjaga Yuna. Wakka adalah orang pertama yang bertemu Tidus setelah terhanyut di Besaid, dan berteman dengannya setelah terkesan dengan keterampilan blitzballnya. Dia adalah kapten dari Besaid Aurochs, tim yang belum pernah memenangkan pertandingan. Dia tumbuh bersama Yuna dan Lulu, yang dianggapnya sudah seperti adik perempuannya. Wakka membenci senjata yang disebut 'machina' karena masa saudara laki-lakinya, Chappu, yang terbunuh karenanya. Wakka menjadi teman yang setia, dan membantu Tidus untuk mengatasi Spira. Wakka adalah penyerang jarak jauh dengan blitzball sebagai senjatanya. Overdrive miliknya adalah Slot.

Tentang visual


Final Fantasy X menawarkan variasi yang luas di sekitarnya, menghadirkan banyak lokasi seperti pulau yang eksotis dengan pohon-pohon palem dan pantai, gunung es dengan gua salju dan hutan ajaib. Itu juga yang pertama dalam seri untuk sepenuhnya memanfaatkan penggunaan model 3D di semua lingkungannya, membuat karakter dan lingkungan melebur menjadi satu dalam campuran yang jauh lebih cocok.

Tentang suara

Berbicara tentang efek suara, benar-benar tidak banyak yang bisa dikatakan, hampir sempurna, dan membuat dunia dalam game jauh lebih hidup. Tidak perlu dipertanyakan tentang pengisi suara pada setiap karakter karena itu terdengar bagus dan cocok. Tapi bagaimana dengan soundtracknya?

Soundtrack dalam permainan begitu bersinergik dengan lingkungan. Sementara melodi pertempuran dan tema utama adalah merupakan yang terbaik dalam seri ini, sebagian besar lagu yang muncul benar-benar ditulis dengan baik dan pas untuk lingkungan mereka.

Efek suara sungguh bervariasi, melompat dari genre heavy metal ke piano klasik dan vokal yang indah membuat kita bisa menikmati atmosfernya.

Tentang bagaimana cara memainkannya

Geografis



Dimulai dengan peta dunia yang luas atau yang biasa dikenal dengan World Map. Membuat cerita perjalanan menjadi panjang dan menyenangkan. Dimana kita bisa berkeliling dan berpindah dari satu kota ke kota lain, dari satu desa ke desa lain, dari satu tempat ke tempat lain, membuat kita tidak pernah bosan dan menemukan banyak hal baru.

Pertempuran



Sistem RPG yang diperkenalkan dalam Final Fantasy X oleh banyak orang dianggap yang terbaik dalam seri. Karna Final Fantasy mengambil Conditional Turn-Based Battle (CTB) yang berarti pemain akan memberikan perintah secara bergantian dalam pertempuran.

Turn-Based yang digunakan tidak lagi harus mengambil tindakan berdasarkan hitungan mundur (atau ATB, Active Turn-Based Battle), jadi kamu memiliki waktu tak terbatas pada saat giliran untuk merencanakan strategi sebelum membuat keputusan. Kamu dapat memilih menyerang, menggunakan sihir, penggunaan item, dan pemanggilan.

Meskipun hanya satu dari karakter kamu yang memiliki kemampuan untuk memanggil makhluk (disebut Aeon di FFX). Pemain bisa mengambil kendali penuh atas setiap pemanggilan individu selama pertempuran, memutuskan apakah akan melakukan serangan, menggunakan sihir atau bahkan melepaskan serangan khusus (disebut Overdrive). Pemain juga akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan dan menyesuaikan aeon di kemudian hari.

Tidak hanya aeon yang memiliki serangan khusus, setiap karakter dalam party memiliki masing-masing overdrive. Overdrive hanya dapat digunakan ketika overdrive gauge (meter) diisi. Cara mengisi tergantung pada jenis mode overdrive apa yang dipilih pada karakter tertentu (bervariasi dari penyembuhan hingga memberikan kerusakan).

Mengesampingkan pertarungan, FFX menawarkan lebih banyak hal untuk dilakukan selain itu, membuat sebagian besar pemain sibuk untuk waktu yang lama. Kamu akan menjumpai sejumlah dungeon berbasis teka-teki. Selain itu kamu juga akan menemukan banyak rahasia dan harus menyelesaikan Quest tertentu selama permainan.

Ada beberapa mini-game yang dapat diakses juga, dan salah satunya mungkin dianggap terlalu besar untuk disebut mini-game. Blitzball adalah salah satunya, permainan olahraga yang menggabungkan antara dodgeball dan bola tangan, yang dimainkan dibawah air. Kamu akan memiliki kesempatan untuk merekrut pemain dari seluruh Spira untuk bergabung kedalam tim, dan meningkatkan mereka selama pertandingan dan turnamen.

Ada juga serangkaian game balapan Chocobo, menangkap kupu-kupu, dan dimana kamu harus menghindari 200 sambaran petir. Yang sama-sama mereka miliki adalah bahwa mereka menawarkan tantangan besar, hadiah dan banyak kesenangan.

Komentar