Review Game Metal Gear Solid (1998) (Action-adventure, Stealth)


Review Game Metal Gear Solid (PSOne) - Metal Gear Solid layak disebut sebagai evolusi dari permainan Stealth pada seri Metal Gear sebelumnya yang pertama kali diperkenalkan melalui console MSX. Di saat console PlayStation dipenuhi berbagai game bergenre RPG dengan perpaduan genre lain di dalamnya, Metal Gear Solid muncul sebagai game action yang revolusioner dengan embel-embel "Tactical Espionage Action" pada bagian sub judulnya.

Yang dimaksud dengan Tactical Espionage Action ini adalah cara kamu menyelesaikan masalah menggunakan taktik diam-diam atau bersembunyi tanpa ketahuan oleh musuh. Karena pada dasarnya Espionage atau Spion (memperhatikan) mengharuskan kamu untuk menghindari musuh dan mengalahkannya dalam satu kali percobaan secara sembunyi-sembunyi tanpa ketahuan. Dengan kata lain, jika kamu ketahuan musuh itu akan menghambat kamu dan menyulitkan kamu untuk mengalahkan musuh.


Review Metal Gear Solid (1999). foto: IMDb

Tidak seperti kebanyakan game lain, Metal Gear Solid benar-benar tahu cara menceritakan sebuah kisah. Kamu, sebagai agen pensiunan Solid Snake, harus menyusup ke pangkalan yang telah dikuasai oleh teroris. Namun, para teroris ini adalah anggota unit lama kamu, sebuah organisasi rahasia yang dikenal sebagai Fox Hound yang ternyata dipimpin oleh saudara kembar Snake, Liquid Snake alias Eli. Misi kamu adalah untuk menyusup ke pangkalan tanpa membawa apa-apa selain sepasang teropong dan sebungkus rokok. Mencari tahu apakah Fox Hound dapat menjadi ancaman serius atau tidak.

Saat pertama kali mulai memainkan game, Kamu benar-benar merasa seperti terus-menerus dalam bahaya. Ada begitu banyak cara sehingga penjaga dapat mengetahui keberadaan kamu. Yang paling berbahaya, tentu saja adalah penglihatan. Jika kamu memasuki garis pandang penjaga atau kamera, kamu harus melawannya. Untungnya, garis pandang mereka diwakili oleh kerucut besar di radar kamu. Cukup menjauh dari kerucut, dan kamu tidak akan pernah ketahuan. Akan tetapi, jika kamu melakukan sesuatu yang menyebabkan bunyi suara, penjaga di dekatnya akan mendengar dan memeriksanya.

Selama kamu melanjutkan cerita, kamu akan menghadapi berbagai teka-teki dan bos. Dengan radio yang menghubungkan kamu dengan seseorang yang akan membantu kamu, mereka akan selalu memberi tahu kamu apa yang harus dilakukan selanjutnya.


Revie Metal Gear Solid (1998). foto: CVGM

Akan ada banyak sekali adegan sinematik yang membuat cutscene di dalamnya terkesan seperti adegan film. Penyampaian cerita dengan memanfaat cutscene sebenarnya bukanlah hal yang baru di industri game, namun melalui Metal Gear Solid, seolah telah meningkatkan kualitas video game sebagai salah satu medium penyampaian cerita yang sangat potensial.

Meski untuk ukuran game sekarang tampilan poligon dari game ini tergolong kasar. Namun, saat itu pesona Metal Gear Solid justru bukan berasal dari bagaimana detail grafis itu diperlihatkan, namun bagaimana plot game itu sendiri.

Untuk memainkan game ini dengan mesin modern, pemilik PS3, PSP, atau PS Vita bisa bersenang-senang dengan emulasi Metal Gear Solid versi PlayStation yang bisa didapatkan di PlayStation Store atau tersedia di bundel Metal Gear Solid: The Legacy Collection.

Komentar