Panduan Bermain/Walkthrough Game ...Iru! PS1


Ini adalah panduan bermain/walkhthrough game ...Iru! PS1. Ini mencantumkan bagaimana cara bermain game ...Iru! dari awal hingga selesai.

PANDUAN BERMAIN/WALKTHROUGH ...IRU!



...IRU! LANTAI 3

Setelah semua pembukaan selesai, kamu dapat Mulai game baru dan kamu akan melihat intro cutscene, dan dalam game ini, kamu tidak bisa melewati semua cutscene, jadi kamu harus melihat semua hal-hal sampai akhir.

Kamu dapat menekan tombol X atau O untuk melewati percakapan sampai akhirnya bisa mengendalikan Inaba (tokoh utama). Kamu dan teman sekelas kamu sedang dalam persiapan untuk beberapa acara besok, tetapi tidak tahu mengapa kamu bisa tertidur di kelas sampai malam seperti ini. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa hal-hal disekitar, jika kamu mencoba untuk meninggalkan ruang kelas, Houjou Sensei akan datang dan Yuma akan meninggalkan ruangan. Sekarang, kamu bisa keluar dari ruang kelas.

Di bawah ini gambar peta sederhana untuk lantai tiga sekolah. Situasi sekolah agak menakutkan, dan waktu sekarang malam.


Sekarang pergi ke Art Room untuk melihat cutscene berikutnya. Di ruang seni, ada Potret Kepala Sekolah untuk dikumpulkan, ambil itu. Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah berbicara dengan Pak Houjou di Art Preparation Room, lalu kembali lagi ke ruang seni untuk berbicara dengan Mochizuki.

Hanya Hikawa yang tidak ada ditempatnya. Selanjutnya, lanjutkan ke kelas 3-4 untuk cutscene selanjutnya. Nakanishi kemudian pindah ke Gedung B di depan toilet anak laki-laki. Sekarang kembali ke ruang seni kemudian bicaralah dengan Rie dan Kyouko di sana.

Hanya Misaki yang pindah ke depan kelas 3-3. Selanjutnya, pergi ke Counseling Room untuk cutscene berikunya. Setelah cutscene, pergi ke luar ruangan dan kamu akan melihat Yuma.

Cutscene berikutnya tidak bisa dihindari di luar kelas 3-3. Lalu berikutnya adalah tempat Hirose berada dan selanjutnya segera ketika kamu berada di jalan menuju Gedung A atau Gedung B.

Mochizuki ada di dalam Data Room sekarang. Ruang Rapat/Konfersi sekarang dikunci. Selanjutnya adalah berbicara dengan para gadis di ruang seni. Setelah itu pergi ke Art Preparation Room untuk cutscene berikutnya.

Nakashi akan pindah dan Hirose telah pindah ke kelas 3-4, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah berbicara dengan Kyouko dan Rie lagi di ruang seni. Sekarang, Hirose pindah ke toilet anak laki-laki Gedung A. Kamu harus kembali ke Art Preparation Room untuk cutscene.

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah berbicara dengan Mochizuki di Data Room. Ketika kamu keluar ruangan, mimpi buruk dimulai.

...IRU! LANTAI 3 SEKOLAH GELAP

Pertama, semuanya mulai sangat gelap. Tapi, kamu akan memiliki bantuan cahaya "misterius" secara bertahap. Sekarang, saatnya bergerak dalam kegelapan. Terdapat Save Point yang ada di ujung jalan antara ruang musik dan ruang rapat.

Kamu akan melihat Kyouko di depan toilet wanita terdekat. Hanya Nakanishi yang bergerak ke depan tumpukan meja. Selanjutnya, kamu harus berbicara dengan Kyouko, lalu berbicara dengan Pak Houjou di Art Peparation Room.

Selanjutnya, kembali ke toilet wanita untuk cutscene. Masuk ke dalam sana. Mulai dari sini adalah pertama kalinya kamu bisa mati dalam game. Kamu kemudian akan memasuki ruang Data secara otomatis, kamu harus masuk ke dalam kardus di dekat jendela dengan memeriksanya. Kamu harus cukup cepat sebelum Rie datang. Kamu dapat melihat icon orang hijau dan indikator pintu di bagian atas layar, ketika orang hijau tersebut tiba di pintu sebelum kamu masuk ke dalam kardus, ini berarti "game over" untuk kamu.

Kamu akan mengetahui satu hal, kalau orang-orang di sini sangat tidak baik. Saat ini, kamu dapat memasuki toilet wanita. Kamu juga dapat memeriksa hal-hal untuk melihat apakah kamu dapat bersembunyi di dalam atau tidak.

Saat kamu berjalan ke Gedung A, kamu dapat melihat catatan di lantai: [Ruruie Deity...], kamu dapat mengambilnya.

Catatan selanjutnya adalah di ruang ganti anak laki-laki: [I Smell A Bad Smell...]. Catatan-catatan ini hanya ada dalam gelap.

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah pergi ke toilet perempuan di mana Rie dan Kyouko berada sebelumnya. Di luar, kamu akan melihat Mochizuki, ikuti dia untuk cutscene.

Cutscene berikutnya adalah di kelas 3-4.

Selanjutnya, kamu harus memasuki Conference Room melalui pintu terdekat ke Save Point. Kamu akan melihat cermin di lantai, jangan periksa itu, jika tidak kamu akan mati.

Kemudian bicaralah dengan Mochizuki di ruang Data. Setelah ini, jalan bercabang menjadi dua jalan. Jika kamu pergi ke Art Room, kamu akan melanjutkan dari sini, jika kamu pergi ke Art Preparation Room, kamu akan memulai dari Another Path.

Pergi ke kelas 3-3 dan bicara dengan Misaki untuk cutscene. Setelah itu, cobalah pergi ke Gedung B dan sesuatu akan terjadi.

Kemudian, bicaralah dengan Mochizuki di ruang Data, dan ketika kamu pergi ke luar, tumpukan meja akan hilang. Cari catatan berikutnya di lantai di ruang seni: [Who Are You...]. Kamu akan melihat lingkaran sihir di sana, jangan mendekatinya jika tidak ingin permainan berakhir. Kamu akan diperingatkan sebelumnya.

Sekarang, hanya Pak Houjou dan Mochizuki yang berpindah tempat. Keduanya adalah satu-satunya orang yang bisa kamu minta bantuan. Pak Houjou ada di Art Preparation Room dan Mochizuki di Data Room.

Dalam perjalanan ke Gedung A, ada sesuatu yang menyala di lantai, ambil itu [3-5 Key], ini adalah kunci pintu kelas 3-5. Gunakan itu untuk membuka pintu kelas 3-5. Di lantai ada Palu untuk diambil, dan sebuah kotak kayu. Jangan hancurkan kotak kayu tersebut menggunakan palu karena akan membuat suara keras dan kamu akan mati. Kamu harus menggunakan [Nail Puller/Penarik Kuku] untuk mengambil daging di dalamnya. Dapatkan Nail Puller dekat dengan lingkaran sihir untuk membuka kotaknya dan mendapatkan daging. Sekarang kamu bisa turun. Kamu bisa menyimpan game di Save Point di lantai 2 di ujung jalan antara ruang sains dan perpustakaan.

...IRU! LANTAI 2 DAN LANTAI 1 GEDUNG B


Kamu hanya dapat mengakses Gedung B di lantai 1 dan lantai 2. Di Gedung B ini kamu bisa menemukan berbagai macam barang. Di Reading Preparation Room, kamu dapat mengambil [Torn Page/Halaman Sobek]. Di Principal Office, kamu dapat mengambil [Golden Key/Kunci Emas]. Juga, jika kamu melatakkan Potret Kepala Sekolah di samping potret lainnya, kamu bisa mendapatkan [Blue Powder/Bubuk Biru] di dinding seberangnya. Dan di Science Room, ada [Match] di atas meja yang bisa kamu ambil.

Jika kamu mencoba mengakses Gedung A, kamu akan mendapatkan cutscene. Kamu dapat bertemu dua orang baru di sini, mereka berada di Staff Room dan Nursery Room.

Setelah mendapatkan cutscene, pergi ke bawah, dan kamu akan bertemu Mochizuki dan cutscene akan terjadi. Jika kamu naik lagi sebelum pergi ke Gedung A, kamu akan mendapatkan cutscene. Namun, kamu harus berusaha menghindar dari monster, dan ruangan kali ini adalah Science Room. Dan, tempat untuk bersembunyi sekarang ada di belakang meja utama. Ini akan sangat sulit jika kamu mencoba mengambil cutscene untuk itu.

Yuma sepertinya lari ke lantai 3, tetapi jika kamu mencoba mencarinya di sana, kamu tidak dapat menemukannya. Selanjutnya, bicara dengan Mochizuki di Reading Preparation Room.

Lalu, pergi ke Staff Room untuk cutscene. Di lantai dekat pintu masuk kamu bisa melihat ada catatan lainnya: [What Is The Purpose...], ambil itu. Sekarang, kamu dapat mengambil sebuah buku kuno [Demon Worship] di Read Preparation Room dan [Secret Of Larva] di Art Preparation Room di lantai atas menggunakan [Golden Key].

Cutscene berikutnya adalah di Tech Room. Selanjutnya, kembali ke Staff Room lalu, kembali ke Read Preparation Room dan bicaralah dengan Mochizuki di sudut ruangan.

Kemudian, cobalah pergi ke pintu masuk dan berbicara dengan Pak Mori yang sekarat di sana. Lalu pergi ke toilet anak laki-laki di lantai 1 untuk menemukan catatan lainnya: [It Gives Harm...]

Ketika kamu lewat di depan Perpustakaan, sesuatu akan terjadi dan kamu sekarang bisa masuk ke dalam perpustakaan. Yang harus dilakukan di dalam perpustakaan adalah merunduk melalui sisi bawah meja dan mengambil satu buku di sebelah kiri kamu: [Avon Book]. Kamu bisa melihat monster dari sudut pandang kamera, tetapi jangan mendekati monster dari sisi lain, jika tidak kamu akan ketahuan.

Kamu tidak dapat membaca [Avon Book], jadi kamu harus pergi ke ruang Astronomi untuk membawa [Blue Small Ball] yang dijatuhkan di sana. Di perjalanan, kamu akan melihat Mochizuki. Kamu dapat berbicara dengannya untuk mendengarkan apa yang tidak akan pernah dibicarakan setelah ini.

Kamu kemudian harus membaca catatan yang diambil sebelumnya: [Ruruie Deity...], dan kemudian, coba gunakan [Blue Small Ball], untuk mengenalinya sebagai [Ruruie Pearl]. Kemudian, cobalah membaca [Avon Book], lalu baca [Torn Page] yang kamu dapatkan di Read Preparation Room sebelumnya, maka game akan mengenali bahwa Torn Page berasala dari Avon Book.

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menghadapi monster yang menghalangi jalan menuju Gedung A. Saat kamu cukup dekat, hingga peringatan muncul, gunakan [Torn Page], sekarang kamu bisa mengakses Gedung A. Kamu bisa simpan game di Save Point yang berada diantara ruangan kelas 1-2 dan kelas 1-3 di lantai 1 Gedung A.

...IRU! LANTAI 2 DAN LANTAI 1 GEDUNG A


Catatan berikutnya ada di rolet di kelas 2-2: [To You...]. Di sekitar tengah ruangan kelas juga ada murid lain yang mati dan [Crimson Jewel] untuk diambil.

Cutscene berikutnya ada di depan Store Room. Kamu akan secara otomatis memasuki ruangan. Ada benda biru di lantai, ambil itu [Palu]. Dengan palu, kamu dapat memiliki akses ke Chapel. Di situlah kamu berada di intro. Di sana akan ada jalan yang tertutup rana api, gunakan palu untuk menunjang sedikit bagian sehingga kamu dapat merunduk untuk masuk.

Dengan semua yang kamu miliki sekarang, kamu dapat membuat [Even Powder], itu sangat berguna untuk membuat hal-hal yang tak terlihat menjadi terlihat.

Even Powder adalah campuran dari tiga bubuk: bubuk biru, bubuk kuning, dan bubuk merah. [Blue Powder] sudah kamu dapatkan sebelumnya, [Yellow Powder] ada di dalam ruangan di belakang patung raksasa. Untuk mengaksesnya, ada lubang di dinding, dan kamu harus memasukkan [Crimson Jewel] yang kamu temukan di kelas 2-2, dan setelah kamu membuka, kamu akan secara otomatis mengambil kembali permata itu. Di dalam ruangan, di suatu tempat di belakang kursi ada [Pottery Pot] untuk diambil.

Ruangan selanjutnya adalah ruangan yang tidak dapat dibuka di lantai 1 Gedung B dan letakkan [Pottery Pot] di atas patung di sana untuk mendapatkan [Goddess' Tears]. Lalu menuju ke Science Room. Hal pertama yang harus dilakukan di Science Room adalah menyalakan lampu alkohol dengan [Match]. Selanjutnya, untuk memasukkan [Goddess' Tears] untuk mendapatkan [Red Powder]. Setelah ketiga bubuk di dapat, kamu perlu membaca buku [Devil Worship] terlebih dahulu dengan [Ruruie's Pearl] untuk mendapatkan [Even Powder] setelah memasukkan ketiganya: [Blue Powder], [Yellow Powder], dan [Red Powder] ke dalam timbangan di dalam ruangan yang tersembunyi di belakang patung di Chapel.

Selanjutnya, bicara dengan Mochizuki di depan kelas 2-4/2-5.

Di sekitar persimpangan ke Gedung B, di suatu tempat di antara kelas 2-2 dan 2-3, ada cutscene jika kamu lewat di sana.

Bicaralah dengan Mochizuki di dekatnya. Kamu akan mendapatkan [Rocket] darinya jika kamu punya [Secret Of Larva] di inventori kamu. [Rocket] adalah item utama untuk mendapatkan akhir yang lebih baik di game ini. Kamu tidak dapat pergi ke Gedung A sekarang.

Cobalah untuk pergi sejauh mungkin atau ke dalam ruangan, lalu kembali lagi untuk mendapatkan cutscene lain. Akses ke Gedung A dibuka lagi, dan tidak ada jejak Pak Houjou di mana pun. Ambil catatan lainnya di lantai di Consultation Room: [Collecting The Heart...].

Kembali ke kelas 3-4 dan bicara dengan Yuma.

Selanjutnya, pergi ke Nursery Room di lantai 1, dan sekarang kamu harus bersembunyi lagi. Ruangan selanjutnya adalah Staff Room. Waktu kamu sedikit lebih terbatas sekarang. Kamu harus memeriksa satu loker di sudut ruangan, dekat meja Pak Houjou.

Sekarang kamu harus kembali ke kelas 3-4, karena kamu tidak menemukan siapa pun, dan mengetahui bahwa Yuma hilang.

Cobalah pergi ke Gedung B dan kamu akan melihat Hikawa di sana. Dalam perjalanan, kamu akan menemukan catatan di lantai lagi: [Transparent Stuff...] jalan ke Astronomy Room diblokir sekarang. Monster di dalam lingkaran sihir tidak bisa dilihat, tetapi kamu bisa mendengar suaranya. Gunakan [Even Powder] untuk lingkaran sihir, dan sekarang, kamu bisa naik.

Dalam perjalan ke Astronomy Room, kamu akan bertemu Yuma lagi dan cutscene.

...IRU! KUIL BAWAH TANAH

Kamu sekarang berada di Kuil Bawah Tanah, yang tampaknya masih di dalam area sekolah, dan kamu dapat melihat Hikawa di atas, menggunakan L2, dan kamu dapat berbicara dengannya jika kamu mau.

Di depan kamu ada Save Point, dan dibelakang kamu ada pintu batu batu yang harus kamu tuju. Pintu batu lain ada di depan, dan di dalamnya kamu bisa menemukan struktur batu, dan [Octagonal Emblem/Emblem Segi Delapan] ada di sana untuk diambil.

Dua pintu batu lagi, dan langit-langit akan jatuh perlahan. Kamu tidak bisa pergi ke pintu di depan kamu, juga tidak dapat kembali. Jadi, kamu harus memperhatikan sekeliling, ada jalan yang rendah di sebelah kanan kamu, dan kamu perlu memeriksanya, untuk mengetahui bahwa ada sesuatu yang menghalangi jalan itu, tetapi tidak dapat dilihat, jadi sekarang, saatnya untuk gunakan [Even Powder] lagi untuk membuat penghalang itu muncul. Periksalah kembali, untuk membuka lorong itu, dan kamu dapat merunduk untuk memasuki lorong itu sekarang dengan aman.

Di ujung lorong, ada slot segi delapan di dinding. Letakkan [Octagonal Emblem] di atasnya, langit-langit akan naik laik.

Saatnya kembali ke pintu depan yang tertutup tadi. Dan, pergi ke pintu depan sekali lagi ke ruang akhir kuil. Pintu yang memiliki tanda Emblem Segi Delapan memiliki beberapa petunjuk tertulis di atasnya. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menemukan lubang di dinding yang mirip dengan yang ada di Chapel, dan masukkan [Crimson Jewel] yang ditemukan di kelas 2-4. Sesuatu akan terjadi dan kemudian, kamu harus memeriksa benda batu di tengah ruangan. Kamu bisa kembali ke Hikawa, tetapi Hikawa tidak membantu kamu, jadi kamu tidak punya pilihan, pergi ke pintu batu yang memiliki tanda Emblem Segi Delapan, yang sekarang dibuka ke tangga yang mengarah ke Pemakaman Bawah Tanah.

...IRU! PEMAKAMAN BAWAH TANAH

Setelah kamu mencapai area ini, kamu tidak dapat kembali. Kamu akan melihat Save Point, dan dua bagian, di depan kamu dan di sisi kanan. Jalan ke kanan akan membawamu ke "Kakak Mochizuki" yang hanya akan memakanmu, jika kamu tidak memiliki [Rocket]. Jika kamu memiliki [Rocket], kamu akan mendapatkan surat darinya.

Kamu hanya dapat mengambil satu-satunya jalan yang tersisa. Di tengah jalan, kamu akan dikejar oleh dua monster yang mirip dengan "Kakak Mochizuki". Kamu tidak dapat melakukan hal lain, lari ke pintu terdekat, dan kamu akan secara otomatis mengunci pintu.

Kamu akan melihat Kepala Sekolah yang sebenarnya di dalam, dan Save Point terakhir. Di luar, ada tangga berputar di mana semua yang bisa dilihat berwarna merah. Kamu akan melihat dua pintu. Ke kiri dan ke kanan. Kamu hanya dapat mengakses pintu ke kiri, dan itu membawa kamu ke Mochizuki. Hanya jika kamu memiliki [Letter/Surat], dia akan memberi kamu [Phyllosterolic Medicine]. Ada berbagai item di lantai, kamu harus membawanya: [Noterun Mirror] dan [Spell Memo].

Pintu berikutnya di tangga mengarah ke sebuah ruangan yang tidak memiliki siapa pun saat ini. Pintu di ujung tangga mengarah ke ruang mesin yang memiliki roda gigi besar. Kamu tidak dapat pergi ke sisi lain karena jembatan yang rusak. Berdiri di atas jembatan yang rusak dan lempatkan Palu kamu ke lubang untuk membuat roda gigi berhenti berputar. Periksa gear besar di sebelah kiri kamu untuk mendapatkan jalan ke sisi. Setelah kamu menyebrang, kamu tidak bisa kembali.

Di atas, kamu akan melihat Hikawa. Kamu tidak dapat menyelamatkan Yuma karena penghalang. Hanya satu hal yang dapat kamu lakukan selama batas waktu sebelum gerhana: baca [Spell Memo] dan kemudian lempar [Noterun Mirror] untuk membunuh Hikawa.

Jadi, kamu bisa mendapatkan tiga kemungkinan akhir di sini:
1. Kamu tidak menghentikan upacara.
2. Kamu membunuh Hikawa dengan cermin, tetapi tidak menyelamatkan Yuma.
3. Kamu membunuh Hikawa dengan cermin, dan menyelamatkan Yuma dengan [Phyllosterolic Medicine].

Setelah beberapa saat setelah layar "Akhir", tekan tombol apa saja untuk memulai kembali permainan.

...IRU! JALUR LAIN

Sekarang, setelah Hirose terbunuh dan kamu telah berbicara dengan Mochizuki di Data Room. Kamu sekarang pergi ke Art Preparation Room sebagai gantinya.

Di luar, akan ada cutscene dengan Pak Houjou. Saat ini, Misaki tidak dapat ditemukan, Nakashi juga hilang.

Tidak ada pilihan lain selain kembali ke Art Preparation Room. Perhatikan bahwa Pak Houjou dan Mochizuki yang tersisa sekarang. Jadi, tidak ada pilihan selain berbicara dengan Mochizuki di Data Room.

Berikutnya adalah lingkaran sihir di dekat tangga, cara melakukannya sama.

Sampai kamu berhasil menghindari monster di Science Room dan berbicara dengan Mochizuki di Read Preparation Room, kamu harus kembali ke Art Preparation Room lagi untuk cutscene.

Cutscene berikutnya adalah di Technic Room. Kemudian, kembali ke Art Preparation Room untuk melihat album foto di lantai.

Sisanya semua sama sampai kamu selesai berusuran dengan lingaran sihir di lantai 2.

Mochizuki tidak lagi di depan kelas 2-4/2-5, kamu bisa menemuinya di jalan menuju Art Preparation Room. Jika kamu masuk ke dalam, kamu dapat melihat bahwa salah satu gambar telah diambil. Bicaralah dengannya di Data Room.

Lalu, pergi ke Art Preparation Room untuk cutscene, kemudian, Mochizuki berada di lantai 2 dekat Menara Jam. Apa yang harus dilakukan selanjutnya adalah sama hingga akhir permainan. Perbedaannya adalah hanya kamu yang dapat melihat Hikawa di ruangan dengan Necronomicon, dan siapa yang akan kamu lihat pada akhirnya.

Komentar